You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Desa Alamendah
Desa Alamendah

Kec. Rancabali, Kab. Bandung, Provinsi Jawa Barat

Selamat Datang di Website Resmi Desa Alamendah Kecamatan Rancabali Kabupaten Bandung. Pelayanan Senin-Jum'at pukul 08.00-16.00.

Soliditas TNI-Polri Membangun Desa Alamendah, Rancabali

Admin 10 Juli 2019 Dibaca 795 Kali
Soliditas TNI-Polri Membangun Desa Alamendah, Rancabali

RADARBANDUNG.id, RANCABALI – Desa Alamendah adalah salah satu desa yang berada di Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Desa Alamendah merupakan salah satu desa agronomi termaju yang terdapat di Kecamatan Rancabali yang mayoritas mata pencaharian penduduknya petani dan pedagang. Selain itu Alamendah dikenal dengan wisata alam, wisata religi, dan agrowisatanya.

Secara geografis, Desa Alamendah terletak pada 70 6’0” – 70 11’0” Lintang Selatan dan 1070 23’0” – 1070 27’0” Bujur Timur. Desa Alamendah terletak di dataran tinggi dengan ketinggian antara 1300 – 2350 mdpl (Bappeda Kabupaten Bandung 2008) dan terdiri dari lima dusun dan 30 RW. Desa Alamendah memiliki luas sekitar 500ha yang berbatasan dengan Desa Panundaan Kecamatan Ciwidey di sebelah Utara, Desa Sugihmurti Kecamatan Pasirjambu di sebelah Timur, Desa Patengan Kecamatan Rancabali di sebelah Selatan, dan Desa Lebak Muncang Kecamatan Ciwidey di sebelah Barat.

Desa Alamendah beriklim tropis yang dipengaruhi oleh angin muson dengan curah hujan rata-rata berkisar antara 1500 sampai 4000 milimeter per tahun dengan suhu rata-rata berkisar antara 19 sampai dengan 24°C. Penggunaan lahan di Desa Alamendah didominasi oleh tegalan dan ladang untuk komoditas sayur dan buah di antaranya adalah daun bawang, stroberi, bawang putih, wortel, seledri, asparagus, dan lain-lain.

”Dalam rangka mewujudkan masyarakat yang maju dan mandiri serta menghasilkan sesuatu yang bisa bermanfaat bagi kehidupan masyarakat khususnya Desa Alamendah dengan ini kami selaku Pembina Polri dan Babinsa TNI di tingkat desa untuk mewujudkan masyarakat yang berdaya saing dalam hal pertanian dan peternakan di Desa Binaan kami,” ujar Bripka Ganda, Jumat (5/7/2019).

”Untuk menciptakan Sinergitas dan Soliditas TNI-Polri Kami bekerjasama dengan masyarakat untuk membangun desa agar lebih maju demi kepentingan warga sekitar,” sambung Bripka Ganda.

Sertu Tatang menambahkan, semua elemen kompak dalam segala hal apapun tidak hanya masalah keamanan saja.

”Tetapi kami terjun langsung ke masyarakat yang notabene warganya adalah seorang peternak dan petani,” tambah Sertu Tatang.

Desa Alamendah memiliki kegiatan ekonomi yang paling menonjol yaitu di bidang pertanian dengan letak geografis berupa perbukitan yang berada di luar kawasan hutan. Penggunaan lahan di Desa Alamendah didominasi oleh tegalan dan ladang untuk komoditas sayur dan buah di antaranya adalah daun bawang, stroberi, bawang putih, wortel, seledri, asparagus, dan lain-lain. Dengan segala potensi yang ada di bidang pertanian,

Desa Wisata Alamendah lebih mengedepankan kegiatan agrowisata. Kegiatan agrowisata yang sudah berkembang diantaranya adalah kegiatan petik stroberi, belajar pengolahan produk pertanian, wisata pertanian dan pengemasan di Pondok Pesantren Al-Ittifaq, wisata bertani, dan berkeliling menikmati suasana ladang pertanian.

(den/radarbandung.id)

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image